VIDEO STREAMING ( IP WEBCAM ) MENGGUNAKAN ANDROID PHONE


Shalom sahabat yang budiman, sudah lama tak ada kabar dari saya. Kali ini saya mau berbagi sedikit pengetahuan dan juga pengalaman saya.

Waktu itu saya lagi liburan di kampung asal, tepatnya di bulan natal tahun 2015. Gereja saya sedang mengadakan natal pemuda dan saya ditugaskan untuk pegang multimedia (operator laptop utk presentasi lagu). Di acara natal tersebut, ada presentasi peragaan dari pemuda yang mana seseorang peraga bertugas sebagai cameramen.

Dan saat ini tiba-tiba muncul ide untuk menampilkan langsung peragaan itu ke inFocus secara langsung. Dan seperti biasa tidak mau berlama- lama saya searching di www.google.com. Dan akhirnya saya menemukan jawabannya, yaitu menggunakan IP Webcam.

IP Webcam bisa diunduh di PlayStore untuk pengguna Android. Ada banyak aplikasi IP Webcam, dan kali ini saya menggunakan IP Webcam oleh Pavel Khlebovich. Untuk lebih jelas, lihat gambar dibawah.

Screenshot_2016-01-25-14-11-18

Berikut ini adalah cara menggunakan IP Webcam nya.

  1. Aplikasi IP Webcam hanya diinstall di Android saja. Kita tidak perlu instal di computer/laptop.
  2. Setelah berhasil instalasi nya, kemudian kita harus set kedua device ( Android dan Komputer) supaya terhubung ke jaringan yang sama. Jaringan yang saya maksud ialah Wireless (Jaringan tanpa kabel). Jika di tempat anda tidak ada jaringan wireless, kita bisa menggunakan Android kita sebagai Portable Hotspot.

Cara Setting Tethering & Portable Hotspot di Android :

  1. Masuk ke Pengaturan ( Setting )
  2. Pilih Tethering & portable Hotspot
  3. Pilih Portable Wi-Fi hotspot settings untuk mengubah nama ssid dan password wifi nya, kemudian pilih save.
  4. Active kan hotspot nya dengan memilih portable wi-fi hotspot.

5. Setelah itu, kita harus koneksikan laptop kita ke wireless yang baru saja kita setting di Android.
connect_wifi

6. Setelah berhasil terhubung ke wif tsb, jalankan aplikasi IP Webcam yang ada di Android. Kemudian pilih “Start Server” di bagian yg paling bawah.
Perhatikan gambar kedua dibawah, terdapat alamat ip server nya yaitu “192.168.43.1:8080”.

 

6. Kemudian Buka Browser anda (Mozilla, Chrome atau microsoft edge). Masukkan IP dan Port ke kolom pencarian.
browser
7. Untuk menampilkan video nya, Pilih Brower pada Video Renderer. Maka akan tampil video seperti gambar di bawah.

browser_view

Pada Video Renderer terdapat beberapa pilihan untuk menampilkan video, silahkan pilih salah satu. Saran saya untuk menghasilkan gambar dan gerakan video yg bagus, silahkan pilih “Browser”.

Setelah semua berhasil di setting, saya rasa sahabat2 jadi penasaran utk mencobanya.
Aplikasi ini juga dapat merekam video pada saat kita melakukan streaming video. Cara nya hanya tekan tombol rekam yang berwarna merah bulat.
recording

Seperti gambar di atas, rekaman nya akan tersimpan dengan nama “recording1”.

Sebelum melakukan rekaman, terlebih dahulu setting pada aplikasi IP Webcam di android anda.

Berikut Video Utk Setting Recording di IP Webcam

Berikut ini adalah hasil rekaman dari IP Webcam.

Demikian postingan IP Webcam ini, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komen nya.

Terima kasih.

4 thoughts on “VIDEO STREAMING ( IP WEBCAM ) MENGGUNAKAN ANDROID PHONE

  1. Blognya sangat bermanfaat untuk saya pak, tolong sering2 donk pak upload yg bermanfaat seperti ini, sangat membantu sekali.. Terima kasih

Leave a Reply

